Berlangsung Selama 105 Hari, Seluruh Peserta PKA Sulteng Angkatan XI Dinyatakan Lulus

  • Whatsapp

Palu,- Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan ke-XI yang telah berlangsung selama 105 hari, tepatnya 8 Maret 2023-12 Juli 2023 bertempat di Ruang Diklat Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Tengah telah selesai. Hasilnya, seluruh Peserta yang berjumlah 40 para pejabat administrator lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dinyatakan lulus.

PKA Angkatan ke XI ini juga menghasilkan tiga orang peserta terbaik, yakni peserta terbaik pertama, Rahman Yape.,S.Psi, M.Psi, Psikolog. Peringkat kedua, Kristian, SE, M.Si dan peringkat ketiga, Fitri Rosmala Dewi Mastura., S.Sos, MM.

Asisten Administrasi Umum, M. Sadly Lesnusa S.Sos, M.Si membacakan sambutan Gubernur, menyampaikan selamat kepada seluruh peserta PKA angkatan ke-XI yang telah dinyatakan lulus, terutama kepada tiga peserta terbaik yang tentu saja akan mendapatkan apresiasi dan penilaian tersendiri.

“Saya harap setelah mengikuti pelatihan ini tidak berhenti sampai disini, tapi harus mampu mengembangkan dan mengaplikasikan kompetensi kepemimpinan yang telah diserap selama pelatihan dan diaplikasikan di tempat kerja,” sebut Gubernur.

Menurut beliau, dengan pelatihan kepemimpinan administrator diharapkan dapat memberikan perubahan sikap dalam memimpin bawahan sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan. Dengan pelatihan diharapkan dapat mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja sehingga mampu melaksanakan kegiatan dengan baik dan efisien.

Mengakhiri sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota instansi asal peserta, coach, mentor, panitia penyelenggara serta ucapan selamat kepada para peserta PKA angkatan XI yang telah dinyatakan lulus.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional BPSDMD selaku panitia pelaksana Moh. Fadli S.Pd menyampaikan selamat dan apresiasi kepada para peserta PKA Angkatan ke XI yang telah dinyatakan lulus, terutama kepada tiga peserta terbaik.

Tujuan penyelenggaraan pelatihan mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial, jabatan administrator sehingga dapat menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator.

Adapun sasaran, peserta memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai dengan SOP dan terselenggaranya peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan.

Adapun dasar penilaian tiga terbaik setelah melalui serangkaian tahapan evaluasi mencakup ; evaluasi akademik, evaluasi studi lapangan kinerja organisasi, evaluasi sikap perilaku, evaluasi pengembangan potensi diri, evaluasi aksi perubahan dan sosiometri penilaian antar peserta.

Bertindak sebagai pengajar ; widyaswara BPSDMD provinsi Sulawesi Tengah, narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) serta narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). *

Sumber: Biro AdPim Pemprov Sulteng

Berita terkait