Cegah Rabies, Disbunnak Sulteng Salurkan 7.000 Vaksinasi: Imbau Masyarakat Perhatikan Kesehatan Hewan

  • Whatsapp

Palu, – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Sulawesi Tengah mengimbau warga untuk memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan yang berpotensi menularkan penyakit rabies guna antisipasi penularan penyakit rabies.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disbunnak Sulteng, Dandy Alfita menjelaskan, Sulawesi Tengah masuk ke dalam daerah endemik penyakit rabies, sehingga faktor cuaca ekstrem dapat mempengaruhi virus yang menyerang hewan penular rabies (HPR), seperti anjing, kucing dan kera yang akan membuat hewan merasa terganggu dan kemudian menggigit manusia.

“Bagi masyarakat yang punya hewan kesayangan atau peliharaan seperti anjing atau kucing untuk melakukan vaksinasi secara rutin sehingga terhindar dari rabies,” jelasnya Senin (17/7/2023).

Lebih lanjut, kata Dandy, pihaknya telah mengalokasikan sebanyak 7.000 vaksin terhadap hewan yang didistribusikan kepada setiap kabupaten dan kota sehingga pengendalian penyakit rabies dapat dicegah.

“Nanti jika tergigit anjing, pertolongan pertama adalah cuci bekas gigitannya langsung dengan sabun dan air mengalir, dan segera ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan vaksin,” katanya.

Berita terkait