Hacker Paling Terkenal di Dunia Kevin Mitnick Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Hacker Paling Berbahaya di Dunia Kevin Mitnick Meninggal Dunia. Foto: istimewa

Jakarta,- Kevin Mitnick seorang Hacker yang pernah menjadi buronan FBI yang kemudian menjadi konsultan keamanan cyber meninggal dunia pada usia 59 tahun, Minggu (16/7/2023) setelah berjuang melawan kanker pankreas selama 14 bulan.

Ia dikenal sebagai salah satu hacker paling berbakat dan berpengaruh dalam sejarah keamanan siber. Ia mulai menunjukkan ketertarikannya pada komputer dan telekomunikasi sejak usia muda.

Pada tahun 1979, ketika berusia 16 tahun, ia berhasil masuk ke jaringan komputer Digital Equipment Corporation (DEC) dan menyalin perangkat lunak mereka. Di 1988, ia ditangkap dan dihukum satu tahun penjara karena melakukan kejahatan komputer dan kawat.

Namun, setelah bebas, ia kembali melakukan aksi hackingnya dengan menyusup ke sistem voicemail Pacific Bell. Ia pun menjadi buronan selama dua setengah tahun sebelum akhirnya ditangkap lagi pada tahun 1995.

Selama menjadi buronan, Mitnick berhasil mengakses puluhan jaringan komputer tanpa izin, termasuk situs pemerintah dan perusahaan besar. Ia juga mencuri data korporat dan nomor kartu kredit dari seluruh negeri.

Berita terkait