Denny Sumargo Terima Tantangan Verny Hasan untuk Tes DNA Anaknya Lagi

  • Whatsapp
Foto : Denny Sumargo. [Ist]

Jakarta,- Denny Sumargo kembali diminta oleh DJ Verny Hasan untuk menjalani tes DNA lagi. Tes DNA itu sebelumnya pernah berlangsung di rumah sakit pada tahun 2019 lalu.

“Tes DNA dua kali yuk, biar tambah mengejutkan lagi. Kan kemarin rumah sakit pilihan dia, dokter pilihan dia. Sekarang gantian dong rumah sakitnya dari saya,” kata Verny Hasan di akun Instagramnya.

Permintaan Verny Hasan terkait tes DNA menjadi sorotan sebab tes sebelumnya sudah jelas keterangan dari dokter kalau Denny Sumargo bukanlah ayah biologis dari anak perempuannya.

Terkait akurasi tes DNA, dokter forensik dari RSCM Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Ade Firmansyah menjelaskan tingkat akurasi tes DNA tergantung pada jumlah lokasi yang diperiksa dan pembandingnya.

“Apabila dibandingkan dengan kedua orang tua maka pemeriksaan DNA dapat mencapai hingga 99,999999%. Persentase akurasi akan turun apabila dibandingkan dengan salah satu orang tua atau saudara,” jelas dr Ade kepada detikcom, Rabu (23/8/2023).

Pada identifikasi personal atau garis keturunan kedua orang tua, digunakan metode pemeriksaan pengulangan basa (STR) pada DNA Nukleus. Apabila spesifik pada garis keturunan ayah, maka dapat digunakan pemeriksaan pada kromosom Y (Y-STR) sedangkan spesifik pada garis keturunan ibu maka digunakan DNA di luar inti sel (mtDNA/mitochondrial DNA).

Berita terkait