Megawati Usul Pembubaran KPK, MAKI : Masih Dibutuhkan Rakyat

  • Whatsapp
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/3/2023).(KOMPAS.com/Rahel)
banner 728x90

Jakarta,- Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) tidak setuju dengan usulan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang membubarkan KPK. Menurut MAKI, KPK masih dibutuhkan masyarakat.

“Saya tidak setuju KPK dibubarkan karena apapun dibutuhkan masyarakat,” kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa KPK dibentuk sebagai simbol negara demokratis. Selain itu KPK, kata Boyamin, juga dibutuhkan untuk chek and balanece serta saling kontrol antar lembaga.

“KPK dibentuk setelah reformasi sebagai anak kandung bersama komisi yudisial maupun mahkamah konstitusi. Jadi itu sebagai simbol bahwa negara ini demokratis. Bahwa penegakkan hukum itu banyak dilakukan oleh instansi lembaga negara supaya saling chek and balance, saling megontrol, saling bersaing. Jadi KPK keberadaanya dibutuhkan untuk itu,” ujar Boyamin.

Boyamin menilai jika KPK dibubarkan justru akan rugi. Dia mengatakan kritik dari Megawari harus dijawab KPK agar bisa bekerja lebih efektif dalam memberantas korupsi.

Berita terkait