Progres Pembangunan IKN Nusantara Sudah 38%

  • Whatsapp
Foto: Pindah Ibu Kota (Denny Pratama/detikcom)

Jakarta,- Pemerintah kini tengah membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Per awal Agustus ini, progres pembangunannya telah mencapai 38%.

“Progres terakhir, status awal Agustus yang secara keseluruhan sekitar 38%,” kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (8/8/2023).

Ia juga mengatakan, untuk rinciannya bendungan sudah hampir 100% selesai. Bahkan, Bendungan Sepaku Semoi rencananya pada bulan Oktober akan segera diresmikan. Selain itu, untuk pembangunan jalan tol di IKN pun juga sudah ada progresnya.

“Jalan tol sudah mulai juga progresnya ada yang 30% lebih ada juga yang 12%. Ini kaitannya dengan masalah pembebasan tanah yang sedang kita upayakan,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk progres pembangunan Istana Presiden sudah 21% dan untuk kantor presiden sudah sekitar 22% progresnya.

Untuk pembangunan gedung pemerintahan, yaitu kantor Kementerian Koordinator (Kemenko)1, kantor Kemenko 2, kantor Kemenko 3, dan kantor Kemenko 4 sudah mulai berjalan. Kantor itu untuk Kementerian Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan serta Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Kemenko 1 sudah 11,7%, Kemenko 3 sudah 8%, Kemenko 4 sudah 12,5%, Kemenko 2 ini waktu itu memang agak terlambat karena lelangnya, itu (progresnya) baru sekitar 1-2%. Kita harapkan itu semua Juni 2024 selesai,” paparnya.

Berita terkait