Tekan Polusi, Pemprov DKI Gencarkan Water Mist dari Atas Gedung

  • Whatsapp
Metode teknologi modifikasi cuaca mikro menggunakan mist generator dari gedung tinggi untuk mencuci polusi udara terutama polutan PM2,5 dilakukan dari atas Gedung Pertamina Jakarta, Minggu pagi 27 Agustus 2023. Foto/instagram/dinaslhdki

Jakarta,- Kepada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan bahwa DKI melakukan upaya-upaya jangka pendek untuk mengurangi pencemaran udara menjelang KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

KTT ASEAN yang akan digelar pada 4 sampai 7 September 2023, tentu akan mendatangkan banyak tamu dari negara lain yang bisa jadi mengkhawatirkan masalah polusi udara di Jakarta.

“Kita sedang mencoba dalam waktu dekat ini, mudah-mudahan sebelum KTT ASEAN kita bisa coba terhadap water mist ini, ini sedang kita kolaborasikan dengan BRIN,” kata Asep saat ditemui di Hotel Ayana pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Pemprov DKI bekerja sama dengan BRIN untuk mengupayakan water mist atau penyemprotan air dari atas gedung tinggi, Asep berharap proses dan prosedurnya dapat selesai minggu ini, sesegera mungkin, sebelum berlangsungnya KTT ASEAN.

Untuk gedung tinggi milik perusahaan swasta yang juga diminta Heru, ia menyebutkan memang tidak diwajibkan dan tidak ada sanksi yang akan diberlakukan jika menolak, namun ini adalah imbauan untuk turut serta menjadi bagian dalam peran masyarakat untuk mengurangi polusi udara.

Berita terkait