Terima Sertifikat, IKN Siap Bangun Hotel hingga Sekolah

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatur kewenangan khusus bagi Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).

JAKARTA,- Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menerima tiga sertifikat aset tanah yang diberikan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Dengan adanya sertifikat tersebut, proyek IKN pun segera dibangun.

Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Dhony Rahajoe mengatakan, beberapa tempat yang akan segera dibangun setelah diterimanya sertifikat Hak Pengelolaan (HPL) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebanyak tiga sertifikat HPL.

Tiga sertifikat tersebut memiliki luas 34 ribu hektar bidang tanah. Adapun, tempat-tempat yang sudah ditentukan akan dibangun segera setelah penyerahan sertifikat HPL tersebut. Di antaranya, sarana pendidikan berstandar internasional, sarana kesehatan, dan hotel yang akan dibangun di atas tanah IKN.

“Ini memberikan kepastian hak pengelolaan, kepada OIKN di atas lahan seluas 34 ribu hektar. Dengan beridinya sertipikat inilah, partisipasi dengan 80 persen pembiayaan dari non-APBN khususnya swasta, yang sangat kita harapkan akan segera terjun,” kata Dhony Rahajoe dalam sambutannya di malam penyerahan sertipikat HPL, di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (2/8/2023).

“Saat ini, ada beberapa pelaku usaha yang sudah antre dari sektor swasta. Salah satunya, sekolah internasional, yaitu, Jakarta Internasional School, di luar itu akan ada 15 sekolah unggulan yang hadir di IKN,” tutur Dhony.

Berita terkait