Terkuak Situs Megalitikum Pokekea Lore Lindu Tertua di Indonesia

  • Whatsapp
Situs Megalitik Pokekea Berhasil Menjawab Peradaban Prasesjarah, UNESCO Tetapkan Jadi Cagar Biosfer 21/8/2023 (screenshot youtube)

Sigi,- Jika berkunjung ke kawasan ini, kamu langsung disapa dengan hamparan sawah yang kemudian dilanjutkan dengan sabana atau padang rumput seluas 218 hektar.

Di sanalah kemudian dapat dijumpai situs pokekea dimana terdapat beberapa batu besar berbentuk bejana lengkap dengan penutupnya yang dihiasi relief.

Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan kalamba, sedangkan tutupnya disebut toathena.

Inilah Taman Nasional Lore Lindu sebuah kawasan situs prasejarah di lembah besoa Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah.

Dimana terdapat puluhan situs megalitik, di lokasi yang berada diatas Bukit tersebut pula dapat ditemui beberapa Arca batu berbentuk wajah manusia.

Dengan ukuran antara 1,5 hingga 2 meter dimana sejumlah peneliti memperkirakan  dibuat antara tiga hingga 4000 tahun sebelum masehi.

Selain dua lokasi tersebut masih ada ratusan  situs megalitik lainnya yang tersebar di tengah   Lembah, dimana selain Lembah Besoa juga terdapat lembah bada dan Lembah Napu.

Berita terkait