DPR RI Desak Kemenperin Audit Teknologi PT GNI usai Kecelakaan Maut

  • Whatsapp
Foto: Mulyanto
banner 728x90

JAKARTA,– Karyawan di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah kembali mengalami kecelakaan maut, mengakibatkan Satu orang tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka, (27/9).

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto meminta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengaudit teknologi industri smelter, terutama terkait aspek keselamatan pekerja dan lingkungan. Mulyanto menyebut kecelakaan kerja ini bukan kali pertama terjadi di PT GNI.

Sebelumnya juga terjadi kebakaran yang menelan korban jiwa. Karena itu Mulyanto minta Kemenperin mengaudit total seluruh alat dan prosedur kerja yang berlaku di PT GNI.

Mulyanto menduga rentetan kecelakaan kerja ini akibat manajemen PT GNI menggunakan alat kerja yang tidak standar.

Dalam pantauan sebelumnya diketahui PT GNI banyak menggunakan alat kerja yang sudah tua, sehingga peluang terjadinya kecelakaan sangat tinggi.

“Ini kecelakaan yang menewaskan pekerja yang kesekian kalinya. Sepertinya perusahaan smelter ini abai dan tidak mengambil pelajaran dari kasus-kasus yang terjadi sebelumnya. Kami mendesak Kementerian Perindustrian untuk mengaudit teknologi industri smelter pada perusahaan ini secara khusus terkait aspek keselamatan pekerja dan lingkungannya,” kata Mulyanto sebagaimana diberitakan di pks.id, Senin (2/10/2023).

Berita terkait