HUT ke-78 TNI, Jokowi sebut Modernisasi Alutsista Diperlukan tapi APBN Terbatas

  • Whatsapp
Presiden Jokowi/Foto: YouTube Setpres

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menghadiri upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Di depan para pasukan TNI, Jokowi mengungkapkan sangat sulit untuk menghimpun pendapatan negara.

Maka dari itu, dia meminta satuan TNI dapat memanfaatkan anggaran yang sudah diberikan dengan baik. Dia mengingatkan anggaran yang diberikan ke TNI harus dibelanjakan untuk kebutuhan rakyat.

“Saya minta anggaran yang dimiliki, karena sulit mengumpulkannya, sulit dalam mendapatkannya, dan merupakan uang rakyat maka sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat,” ungkap Jokowi saat memberikan amanat upacara yang disiarkan virtual, Kamis (5/10/2023).

Jokowi juga menyinggung masalah modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan alias Alutsista. Menurutnya modernisasi alutsista memang sangat diperlukan, namun harus tetap menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Modernisasi memang diperlukan, tapi anggaran negara, keuangan negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangat lah besar, sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak baik besaran dan peruntukannya,” beber Jokowi.

Berita terkait