Kekayaan Kelor Palu Jadi ‘Bintang Jembatan I Palu’

  • Whatsapp
Kadis PU Kota Palu bersama sekretaris dan sejumlah Kabid di Dinas PU, saat mengecek pekerjaan tiang lampu di Jembatan 1 Palu, Ahad (08/10) malam.

PALU,– Jembatan Palu 1 dipastikan bakal menjadi ikon baru di kota Palu. Pasalnya, jembatan sepanjang 85 meter tersebut, dirias dengan properti menarik bernuansa kearifan lokal Lembah Palu.

Mengenai hal tersebut, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu, sepakat menatah wajah jembatan yang memang mulai tampak kusam itu.

BPJN mengganti material trotoar sedangkan Dinas PU memasang pilar lampu boks di kedua sisi jembatan.

Sebagaimana diketahui, tiang jembatan yang awalnya hanya berupa tiang beton, kini dibungkus dengan boks lampu persegi setinggi 2 meter. Trotoar yang dulunya ubin tak bermotif kini dipasang tegel cantik. Sementara decker jembatan juga dicat dengan motif bomba merah.

Boks lampu jembatan terbuat dari bahan Alumunium Composite Panel (ACP) untuk jenis PVDF atau khusus properti out door. Jenis ini disebut-sebut mampu menahan paparan sinar matahari hingga tahunan lamanya sehingga tidak cepat memudar.

Berita terkait