Lima Negara yang Dukung Palestina di Perang Israel-Hamas

  • Whatsapp
Ilustrasi. Bendera Palestina. FOTO: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI

1. Kanada

Kanada merupakan salah satu negara yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina. Namun, bantuan yang dikirimkan ini bukan berarti Kanada mendukung serangan Hamas. Pemerintah kanada memastikan bahwa bantuan benar-benar untuk kemanusiaan dan pembangunan warga Palestina.

Menteri Pembangunan Internasional, Ahmed Hussen, mengatakan bahwa bantuan tidak akan dialihkan ke Hamas.

“Kami akan terus mendukung warga sipil dengan bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa, sambil memastikan tidak ada uang yang masuk ke tangan Hamas,” kata Alex Tetreault, direktur komunikasi Hussen, dikutip dari CBC News.

Bantuan yang dikirimkan pemerintah Kanada berupa makanan, air, peralatan medis, layanan darurat, dan bantuan penyelamatan jiwa.

2. Iran

Antara Iran dan Hamas telah terjalin hubungan persahabatan sejak semula Hamas dibentuk. Iran bahkan menjadi penyokong utama persenjataan, pelatihan militer, dan dana Hamas.

Dilansir dari Reuters, demonstrasi yang diorganisir oleh negara diadakan di seluruh Iran pada Jumat (13/10) untuk mendukung sekutu Islam Teheran, Hamas, dan untuk menentang pengeboman Israel di Jalur Gaza yang sedang berlangsung.

“Kematian bagi Israel. Kematian bagi Zionisme!”, teriak para demonstran sambil membawa bendera Palestina dan kelompok bersenjata Hizbullah.

Melalui PBB, Iran mengirim pesan kepada Israel bahwa mereka tidak ingin melihat eskalasi konflik dengan Gaza lebih lanjut. Jika invasi darat Israel berlanjut di Gaza, maka Iran akan turun tangan, dikutip dari Middle East Monitor.

Berita terkait