Lima Negara yang Dukung Palestina di Perang Israel-Hamas

  • Whatsapp
Ilustrasi. Bendera Palestina. FOTO: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI

3. Turki

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengecam tindakan Israel yang membom dan memblokade Gaza. Erdogan menganggap tindakan yang dilakukan Israel merupakan pembantaian.

Erdogan mengatakan bahwa perang pun memiliki moralitas, tetapi gejolak yang terjadi telah melanggar moralitas tersebut, dikutip dari Aljazeera.

Hal ini merujuk pada tindakan Israel yang menutup akses bantuan makanan dan air, serta pemadaman listrik dalam beberapa hari ini.

“Kami secara terbuka menentang pembunuhan warga sipil di wilayah Israel. Demikian pula, kita tidak akan pernah bisa menerima pembantaian orang-orang tak berdosa yang tidak berdaya di Gaza dengan pemboman yang terus-menerus dan tanpa pandang bulu,” kata Erdogan.

Turki sendiri sudah menyiapkan bantuan kemanusiaan yang akan dikirimkan ke Palestina, tetapi terkendala pengiriman. Pejabat Kementerian Pertahanan Turki juga mengatakan sudah siap mengirimkan pasukan militernya jika diperintah oleh presiden.

4. China

China masuk ke dalam daftar negara yang juga mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza. Pada hari Jumat (13/10), pemerintah China mengumumkan pengiriman bantuan kemanusiaan mendesak ke Jalur Gaza dan Otoritas Palestina melalui saluran PBB, dikutip dari Anadolu Ajansi.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengatakan akan mengutus perwakilannya untuk mengunjungi negara-negara terkait di kawasan. Wang Yi menyalahkan memburuknya konflik yang terjadi di Timur Tengah akibat dari ketidakadilan yang dirasakan Palestina.

Pada media sosial China juga ramai diperbincangkan keterlibatan Amerika Serikat di konflik Timur Tengah yang memperunyam hubungan Israel dan Hamas.

Berita terkait