Pimpin Apel Sumpah Pemuda Ini Pesan Gubernur Sulteng

  • Whatsapp

Editor: Faqih Azzura 

Jogja- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah gelar Apel Pemuda se Sulteng yang dipusatkan di Desa Wuasa Kecamatan ,Lore Utara Kabupaten Poso, Sabtu pagi (28/10/2023).

Mengusung tema nasional “Bersama Majukan Indonesia”, kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan pemuda dan OKP serta instansi pemerintahan berlangsung dengan khidmat dengan penuh semangat kepemudaan. Bertindak selaku pimpinan apel Gubernur H. Rusdy Mastura dan komandan apel Camat Lore Utara Musra.

Kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura membakar semangat serta mengajak peserta apel untuk bersatu dan saling mendukung guna membangun Sulawesi Tengah (Sulteng) agar kedepannya lebih sejahtera dan maju.

Ditunjuknya Desa Wuasa sebagai lokasi Apel Pemuda, lanjut gubernur, merupakan wujud komitmen pemerintah provinsi untuk mempromosikan situs megalith.

Menurutnya, pemuda merupakan generasi penerus bangsa dan peran pemuda sangat penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

Untuk membangun pemuda, maka salah satu elemen yang dibutuhkan adalah infrastruktur, diantaranya, adalah sarpras olahraga dan jalan. Olehnya dihadapan peserta apel dan masyarakat, gubernur menginstruksikan Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tengah segera membuka akses jalan Napu – Behoa dan Behoa – Bada agar wilayah Lore Bersaudara menjadi alternatif destinasi wisata ke depan.

Beliau pun menginstruksikan Kadis Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah segera mengusulkan situs-situs megalitikum Sulawesi Tengah sebagai warisan budaya dunia oleh Unesco.

Selanjutnya Ia menginstruksikan Kadis Pemuda dan Olahraga agar Apel Pemuda menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai momentum mengingatkan pemuda dan masyarakat terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme. 

Terakhir, Gubernur H.Rusdy Mastura didampingi Ketua TP PKK Dr.Hj.Vera Rompas Mastura,S.Sos,M.Si menyerahkan bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani, berupa : peralatan olahraga, bibit pohon durian dan bibit ikan

Turut hadir, Pj.Sekda Kab Poso Ir.Heningsih Tampai, M.Si, Anggota DPRD Prov Sulteng, Unsur Forkopimda Sulteng/Kab Poso serta dihadiri sebagian besar Kepala OPD lingkup provinsi dan kab/kota se Sulteng. (Red).

Berita terkait