Presiden Jokowi Pimpin KTT AIS Forum di Bali Hari Ini

  • Whatsapp
Presiden Jokowi (Foto: Tangkapan layar YouTube MK RI)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin langsung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum akan digelar pagi ini di Bali Nusa Dua Conference Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Dari keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023), Jokowi terlebih dahulu melakukan foto bersama delegasi yang hadir. Jokowi kemudian akan membuka KTT AIS Forum pada pukul 09.45 WITA, dengan menyampaikan pidato sambutan.

Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, serta Perdana Menteri Tuvalu hadir dalam KTT pertama tersebut.

Tahun ini, KTT AIS Forum mengusung tema “Fostering Collaboration, Enabling Innovation, for our Ocean and Our Future”. Sesuai tujuan AIS Forum, yang menjadi wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan untuk memperkuat kolaborasi dalam mengatasi masalah global terkait kelautan, setiap delegasi akan menyampaikan pernyataan sikap negara atau organisasi masing-masing.

Diharapkan, KTT AIS Forum menghasilkan Leaders’ Declaration of The Archipelagic and Island States Forum 2023. Deklarasi ini menyatakan komitmen negara pulau dan kepulauan untuk bekerja sama mengatasi masalah-masalah bersama seperti perubahan iklim, pembangunan ekonomi biru, polusi laut, dan tata kelola laut untuk mencapai kesejahteraan dan keberlanjutan demi generasi mendatang.

Berita terkait