Piala Dunia U-17 2023, Saat Mata Dunia Tertuju ke Indonesia

  • Whatsapp
Trofi Piala Dunia U-17 2023 (c) Bagaskara Lazuardi

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 bakal menjadi pelajaran penting bagi Indonesia tentang bagaimana cara menyelenggarakan acara sepak bola kelas dunia.

Di saat Indonesia bersiap tampil all out menjadi tuan rumah Piala Dunia level junior, muncul pula kasus-kasus dalam pelaksanaan kompetisi lokal Indonesia seperti suporter yang melakukan perusakan atau kericuhan antarpemain di lapangan.

Hal tersebut seperti menjadi dua hal yang berkebalikan. Di satu sisi Indonesia tampak mempesona bagi tim-tim luar negeri, namun di dalamnya ada borok yang seperti begitu sulit disembuhkan.

Memang sepak bola tak bisa dilepaskan dari hal-hal sosial yang terjadi di sekeliling kehidupan para pemain atau suporter, untuk itulah atmosfer sepak bola sehat seperti yang coba diterapkan di Piala Dunia U-17 diharapkan bisa menularkan aura positif bagi sepak bola Indonesia.

Keberadaan Video Assistant Referee di Piala Dunia U-17 2023 juga bisa menjadi pelajaran bagi PSSI mengenai pengaplikasian teknologi pembantu kinerja wasit.

Berita terkait