Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Cirata Terbesar di Asia Tenggara

  • Whatsapp
Presiden Jokowi akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis (9/11) ini. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).

Jakarta,- Presiden Joko Widodo bakal meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis (9/11/2023).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Endang Sutisna mengatakan PLTS merupakan salah satu proyek energi terbarukan yang penting di Indonesia. Pasalnya, PLTS ini mencerminkan pergeseran menuju sumber energi bersih dan berkelanjutan dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan masalah lingkungan.

“Proyek PLTS Terapung terbesar se-Asia Tenggara ini akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada besok pagi, Kamis (9/11/2023). Ini adalah bagian dari upaya Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (8/11).

PLTS Terapung Cirata, lanjutnya, merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dimiliki oleh PLN Nusantara Power dan menjadi etalase percepatan transisi energi dalam mendukung pencapaian PT PLN (Persero) menuju Net Zero Emission (NZE) dan Green RUPTL.

PLTS tersebut akan berkontribusi terhadap net zero emission (NZE) sebesar 245 GWh/Tahun Energi Hijau dan 214 ribu ron reduksi CO2 per tahun.

Berita terkait