Viral Penampakan Langit Jogja Bolong di Radar Cuaca, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp
Foto: Citra radar cuaca di Jogja (Dok Tangkapan Layar Medsos)

Jakarta,- Beradar foto citra radar cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan langit di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diliputi awan hujan melingkar.

Gambaran awan hujan melingkar yang terlihat seolah terdapat lubang di tengahnya itu sempat viral di media sosial.

Dalam unggahan di media sosial X, nampak dalam citra radar terdapat awan hujan, kecuali di atas wilayah Jogja dengan bentuk lingkaran. Hal ini membuat warganet heboh. Pasalnya, dalam foto citra radar BMKG hanya wilayah Jogja saja yang tidak terdapat awan hujan.

Terkait awan hujan melingkar di Jogja pada foto radar cuaca BMKG tersebut, Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta, Warjono, memberikan penjelasannya. Berikut informasi selengkapnya tentang fenomena awan hujan melingkar yang hanya nampak di Jogja:

Kondisi Sebenarnya: Seluruh Wilayah Tertutup Awan

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta, Warjono mengatakan meski dalam foto citra radar cuaca ada lokasi yang terlihat berlubang, namun kondisi sesungguhnya seluruh wilayah Jogja tertutup awan. Sebab saat itu ada fenomena bright band echo sehingga lawan tidak tertangkap citra radar.

“Ini adalah bright band echo dari radar cuaca Baron Melati, secara riil awan tersebut ada di seluruh wilayah Jogja termasuk yang bolong,” kata Warjono kepada detikJogja, Minggu (5/11/2023).

Berita terkait