129.923 Personel Dilibatkan Dalam Operasi Lilin 2023

  • Whatsapp

Palu,- Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, SE memimpin langsung jalannya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023, di halaman Kantor Wali Kota Palu, Kamis (21/12/2023).  

Dalam apel tersebut diikuti sejumlah pihak, baik dari unsur TNI, Polri, maupun dari OPD terkait di lingkup Pemerintah Kota Palu.

Wali Kota Hadianto yang membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian RI menyampaikan bahwa Apel gelar pasukan Operasi lilin 2023 secara serentak di Seluruh wilayah Indonesia.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo bahwa, Natal dan Tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan Dengan transportasi, pasokan dan Distribusi bahan pokok.

“Hal tersebut penting karena Momentum Nataru telah menjadi Bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap Meningkatnya mobilitas masyarakat,” kata wali kota.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, Potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta Orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru Tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye pemilu 2024 sehingga memiliki Potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Berita terkait