PBB Tunjuk Sigrid Kaag Sebagai Koordinator Kemanusiaan di Gaza

  • Whatsapp
PBB tunjuk Sigrid Kaad jadi koordinator khusus kemanusiaan untuk Gaza. Foto: AP/Peter Dejong
banner 728x90

Jakarta,- Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menunjuk Sigrid Kaag, mantan Wakil Perdana Menteri Belanda dan pakar Timur Tengah sebagai koordinator khusus pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, PBB menyebut Sigrid Kaag akan menjadi koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi di Gaza mulai 8 Januari 2024 mendatang.

“Dalam peran ini dia akan memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau, dan memverifikasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza,” demikian pernyataan PBB, seperti dikutip Reuters.

“Dia juga akan membentuk mekanisme untuk mempercepat bantuan ke Gaza, melalui negara-negara yang tidak terlibat konflik,” lanjut pernyataan tersebut.

Penunjukan Kaag ini merupakan bagian dari resolusi di Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang diadopsi pada Jumat (22/12) lalu, untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan di Gaza.

Saat ini Kaag sedang berada di penghujung masa jabatannya sebagai Menteri Keuangan Belanda.

Sebagai seorang diplomat veteran di PBB, dia juga pernah mengepalai tim ahli senjata internasional, yang bertugas mengawasi pemusnahan persediaan bahan kimia Suriah.

Resolusi DK PBB Jumat lalu tidak menyerukan gencatan senjata, meski telah berkali-kali menunda voting dan negosiasi intens demi menghindari veto Amerika Serikat.

Berita terkait