BTS 4G di Area Kahar Ditarget Akan Tuntas Tahun Depan

  • Whatsapp
Ketua Satgas BAKTI Kominfo Sarwoto Atmosutarno, di Surabaya, kemarin, mengungkap target penyelesaian pembangunan BTS di kawasan dengan kondisi tak terkendali alias keadaan kahar. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)

Surabaya,- Pembangunan base transceiver station (BTS) yang berada di area dengan kondisi kahar atau tak terkendali ditargetkan akan selesai pada 2024.

“2024 [selesai],” ujar Ketua Satuan Tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo Sarwoto Atmosutarno ketika ditanya soal kapan BTS tersebut rampung, di sela-sela Perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden, Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata), keadaan kahar merupakan keadaan memaksa atau keadaan di luar kendali para pihak. Yang termasuk dalam keadaan kahar secara hukum di antaranya adalah kerusuhan, pandemi, revolusi, hingga bencana alam.

Sarwoto juga memastikan seluruh BTS 4G yang menjadi tanggung jawab BAKTI Kominfo akan menyala pada 2025. Pada tahun yang sama, Sarwoto juga memastikan 30 ribu titik internet untuk beragam fasilitas publik bisa memberikan konektivitas.

“[2025] Nyala, udah. Nyala, harus. Termasuk kurang lebih kemarin kan punya project itu 30 ribu titik akses internet untuk sekolah puskesmas daerah perbatasan keamanan. Kita punya satuan-satuan polisi dan TNI di perbatasan, yang membutuhkan itu,” tutur Sarwoto.

Berita terkait