BTS 4G di Area Kahar Ditarget Akan Tuntas Tahun Depan

  • Whatsapp
Ketua Satgas BAKTI Kominfo Sarwoto Atmosutarno, di Surabaya, kemarin, mengungkap target penyelesaian pembangunan BTS di kawasan dengan kondisi tak terkendali alias keadaan kahar. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)

Budi Arie menyebut Stasiun Bumi SATRIA-1 yang akan diresmikan berada di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Direktur Operasional PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono mengatakan setidaknya ada 11 Stasiun Bumi untuk SATRIA-1 yang tersebar di sejumlah wilayah yang berfungsi untuk memantau sekaligus mengontrol satelit.

Stasiun Bumi di Cikarang, Jawa Barat, menjadi stasiun kontrol satelit utama dan pusat operasi jaringan (Network Operation Center). Ada pula stasiun kontrol satelit cadangan (Back-Up Satellite Control Center) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Stasiun Bumi lainnya akan difungsikan sebagai gateway, yakni stasiun di Batam, Pontianak, Tarakan, Manado, Kupang, Ambon, Manokwari, Timika, dan Jayapura.

Budi Arie menyebut BTS 4G yang akan diresmikan berada di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguane Timur, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. ***

Sumber: CNN Indonesia

Berita terkait