BTS 4G di Area Kahar Ditarget Akan Tuntas Tahun Depan

  • Whatsapp
Ketua Satgas BAKTI Kominfo Sarwoto Atmosutarno, di Surabaya, kemarin, mengungkap target penyelesaian pembangunan BTS di kawasan dengan kondisi tak terkendali alias keadaan kahar. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)

Salah satu solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan konektivitas di area kahar adalah dengan membuka usulan dari bawah, atau bottom up.

“Sekarang ini Satgas kan menyarankan untuk membuka usulan dari bawah. Jadi misalkan anda di Papua sana. Merasa desamu ada 100 keluarga, belum ada internet, itu bisa usul lewat bupatinya. Kalo kemaren kan top down tuh. Jadi sekarang bottom up,” terang Sarwoto.

Dalam kesempatan yang sama, Sarwoto juga menyebut Satelit SATRIA-1 sudah menyala dan memberikan konektivitas di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Udah on,” ujarnya ketika ditanya soal SATRIA-1.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pengoperasian Stasiun Bumi Satelit SATRIA-1 dan Proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Kamis (28/12).

“Bapak Presiden Joko Widodo besok meresmikan pengoperasian Satelit Bumi Satria-1 serta 4.988 BTS 4G yang telah rampung dibangun BAKTI Kominfo di daerah tertinggal, terdepan, terluar,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, usai perayaan Natal Nasional.

Berita terkait