Presiden Jokowi Janji Cairkan BLT El Nino Bulan Ini, Ini Cara Daftarnya?

  • Whatsapp

Jakarta,- Rencana pemerintah yang memberikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino senilai Rp400 ribu hingga kini belum juga terlaksana sepenuhnya. Padahal, pemerintah semula menargetkan bantuan itu bisa diedarkan mulai November 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini berjanji BLT El Nino akan cair Desember ini. Hal itu ia kemukakan saat menemui warga di Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ini yang ada di sini sudah terima BLT El Nino belum Rp400 ribu? Belum? Tunggu saja, bulan ini akan diterima,” kata Jokowi di Nagekeo seperti dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Selasa (5/12/2023).

Mantan walikota Solo itu mengatakan proses transfer sedang dilakukan. Jokowi mengatakan ada beberapa hal yang masih harus diselesaikan. Salah satunya adalah data rekening penerima yang belum terdaftar.

Ia pun memerintahkan Bupati Nagekeo, NTT, Johanes Don Bosco Do untuk mengurus penyelesaian BLT El Nino Rp400 ribu di daerah tersebut. Jokowi ingin semua warga yang membutuhkan terdata.

“Ini yang baru ya? Ada yang baru, ada yang lama, nanti saya bicarakan dulu. Nanti biar Pak Bupati saja yang ngurus,” ucapnya.

Jokowi meluncurkan bantuan langsung tunai dalam rangka menangani dampak El Nino. Bantuan ini diberikan untuk 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Berita terkait