Cuaca Buruk, Tiga Pesawat Batal Mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu

  • Whatsapp
Pesawat Lion Air. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Palu,- Sebanyak tiga maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, Batik Air dan Citilink dilaporkan batal mendarat di bandara Udara Mutiara Sis-Aljufi Palu akibat cuaca buruk yang melanda wilayah itu

“Ada tiga maskapai yang sebelumnya tidak bisa mendarat di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, yakni Garuda Indonesia, Batik Air dan Citilink,” kata Kepala Seksi pelayanan dan kerjasama UPBU Mutiara Sis Al Jufri Palu Tri Renggo Joko Wahono di Palu, Rabu (24/1/2024).

Ia menjelaskan ketiga maskapai penerbangan tersebut merupakan rute Jakarta – Palu dan dijadwalkan tiba di Palu pada pukul 06.15 WITA.

Namun, kata dia, ketiga pesawat batal mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu karena cuaca buruk, yakni hujan yang disertai awan gelap sehingga jarak pandang pilot mengalami keterbatasan melihat landasan atau tidak terlihat.

“Bukan gagal, tapi karena cuaca hujan yang disertai awan gelap sehingga jarak pandang untuk melihat landasan terbatas atau tidak terlihat. Secara otomatis tidak bisa mendarat,” katanya.

Pilot kemudian memutuskan pindah ke Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, dan memutuskan untuk terbang kembali ke Bandara Mutiara Sis Aljufri Palub setelah cuaca cukup membaik.

Berita terkait