Ini Strategi Anies Baswedan Atasi Kelangkaan Pupuk

  • Whatsapp
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (Kanan) berdialog dengan petani di desa Sidorejo, Lampung Timur, Lampung, Ahad, 14 Januari 2024. Anies Baswedan melakukan dialog dan mendengarkan keluh-kesah para petani kabupaten tersebut dan berjanji memperjuangakan para petani di seluruh Indonesia agar dapat sejahtera. ANTARA/Ardiansyah

Jakarta,- Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan, menyampaikan strategi yang diambil pihaknya untuk mengatasi kelangkaan pupuk yakni memprioritaskan kebutuhan domestik di atas permintaan ekspor.

“Kalau perlu kegiatan domestik diprioritaskan di atas ekspor,” kata dia, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, usai dia berkampanye di Lampung, Minggu (14/1/2024).

Menurutnya, melihat kondisi kurangnya pasokan pupuk yang dirasakan petani di berbagai daerah, seharusnya kebijakan ekspor pupuk dikurangi, dan mengalihkannya ke wilayah yang memiliki keterbatasan akses pada pupuk.

Selain itu dia menilai, dengan meningkatkan produksi pupuk dalam negeri dan memperbaiki alur distribusi juga menjadi strategi supaya permasalahan kelangkaan pupuk yang dialami petani bisa segera diselesaikan. “Pada intinya adalah produksi ditingkatkan, dan suplai ditingkatkan,” ujarnya.

Berita terkait