Krisis Gaza Bisa Selesai dengan Berdirinya Negara Palestina

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah di Tepi Barat, 5 November 2023. REUTERS/Jonathan Ernst/Poo

Jakarta,- Krisis di Gaza bisa terselesaikan dengan berdirinya negara Palestina yang struktur pemerintahannya “memberikan apa yang diinginkan masyarakat dan bekerja sama dengan Israel agar menjadi efektif”.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar (Menlu) Negeri AS Antony Blinken kepada para pemimpin bisnis dan politik di KTT Davos.

“Penderitaan ini menghancurkan hati saya,” katanya saat menjadi pembicara utama di Forum Ekonomi Dunia di resor ski Davos, Swiss, Rabu, 17 Januari 2024. 

Ia juga menambahkan, bahwa ia tidak pernah memimpikan akan menuai banyak masalah selama menjabat Menlu AS, yakkni mulai dari perang di Gaza dan Ukraina hingga ketegangan di Taiwan.

Blinken mengatakan bahwa hampir tidak ada masalah yang ingin diselesaikan oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden secara terpisah, hal ini sejalan dengan komentar Perdana Menteri Cina Li Qiang pada hari Selasa, yang menyerukan kerja sama global yang lebih besar.

Menteri Luar Negeri AS mengatakan bahwa Washington mendengar dari hampir setiap negara di Timur Tengah bahwa mereka ingin Amerika Serikat ikut serta dalam diskusi mengenai cara mengakhiri perang Israel dengan Hamas di Gaza.

Berita terkait