Pemilu 2024: LSI Prediksi AMIN dan Ganjar-Mahfud Bersatu Jika Pilpres Dua Putaran

  • Whatsapp
Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan bergabung dalam satu koalisi apabila Pilpres 2024 terjadi dalam dua putaran.CNN Indonesia/Adi Ibrahim

Jakarta,- Lembaga Survei Indonesia (LSI) kini telah memprediksi pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan bergabung dalam satu koalisi apabila Pilpres 2024 terjadi dalam dua putaran.

Mengenai hal itu, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan berpandangan juga sedemikian, sebab berdasarkan hasil survei beberapa bulan belakangan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding kedua rivalnya. Namun ia menegaskan data sementara itu masih sangat dinamis.

“Paslon 1 sama 3 itu saya melihat akan berusaha bergabung di putaran kedua kalau nanti terjadi ya,” kata Djayadi dalam acara ‘Political Show’ CNNIndonesia TV, Senin (1/1/2024) malam.

Namun demikian, Djayadi melihat akan ada tantangan berat apabila dua paslon itu bergabung, terutama dalam menyeragamkan pilihan di akar rumput. Sebab berdasar data sementara, pemilih AMIN akan beralih memilih Prabowo-Gibran di putaran kedua, apabila ternyata AMIN kalah di putaran pertama.

Pun hal senada terjadi pada pemilih Ganjar-Mahfud. Apabila paslon nomor 3 itu tidak lolos putaran kedua, maka pemilih mereka cenderung akan memilih paslon nomor urut 2 di putaran kedua.

“Di akar rumput, kalau dari data-data terlihat selama ini bahwa memang pak Prabowo yang di tengah,” kata dia.

Berita terkait