Presiden Jokowi Groundbreaking Sejumlah Proyek Infrastruktur di IKN

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sebelum berangkat ke Indonesia dari Brunei Darussalam pada Minggu (14 Januari 2024). (ANTARA/HO-Presiden Sekretariat)

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur Rabu, 17 Januari 2024. Ia juga bakal melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.

Seperti diketahui, Presiden dan rombongan berangkat ke IKN dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 06.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Mahmud Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, dia akan menaiki helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Peletakan batu pertama untuk proyek BUMN

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 16 Januari 2024, menyebut kepala negara akan groundbreaking tiga kategori proyek pada hari ini. Ketiganya adalah proyek milik badan usaha milik negara (BUMN), swasta, dan lembaga negara. Ini merupakan babak keempat dari rangkaian peletakan batu pertama pembangunan infrastruktur IKN.

Ada dua BUMN terlibat dalam proyek yakni PT Pos Indonesia (Persero) dan Radio Republik Indonesia (RRI).  PT Pos Indonesia akan berperan di aspek logistik untuk membangun Nusantara Logistic Hub bekerja sama dengan PT Bina Karya sebagai badan usaha Otorita IKN. Sementara RRI akan membangun studio untuk siaran radio di IKN.

Berita terkait