Apakah Durian Tinggi Kolesterol? Berikut Penjelasan Ahli Gizi

  • Whatsapp
Nampak buah durian di kawasan penjual durian Kota Palu. (Foto: Inul Irfani/Likein.id)
banner 728x90

Jakarta,– Di sejumlah daerah di Indonesia saat ini memasuki masa panen durian. Buah durian menjadi favorit banyak orang. Durian disebut juga mengandung kolesterol sehingga banyak yang ragu mengonsumsi buah tersebut.

Mengenai hal tersebut, Guru Besar Bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan meluruskan, buah durian merupakan panganan nabati yang tidak mengandung kolesterol di dalamnya.

“Durian tidak mengandung kolesterol karena durian pangan nabati. Yang mengandung kolesterol adalah pangan hewani,” kata Ali, seperti ditulis Antara, Senin (26/2/2024).

Ali mengatakan, durian sama dengan buah lainnya dan termasuk jenis makanan nabati. Selain rasanya yang enak, buah dengan nama ilmiah Durio zibethinus ini, justru kaya akan lemak yang tinggi sehingga bisa memberikan energi yang signifikan untuk asupan gizi harian.

Namun Ali menegaskan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi buah durian, terlebih pada orang yang kelebihan berat badan. “Durian termasuk pangan nabati dengan lemak relatif tinggi, sehingga yang sudah overweight sebaiknya jangan banyak-banyak makan durian,” katanya.

Berita terkait