Lima Negara Komunis yang Dukung Palestina Merdeka

  • Whatsapp
(Foto: REUTERS/Yara Nardi)
banner 728x90

Gaza,– Berbagai dukungan untuk Palestina terus berdatangan, termasuk dari negara-negara komunis yang masih ada. Sejumlah negara komunis ini mendukung kemerdekaan palestina dari penjajahan Israel.

Dulu, sekitar sepertiga penduduk dunia hidup di bawah pemerintahan komunis, terutama di republik-republik Uni Soviet. Saat ini komunisme adalah bentuk pemerintahan resmi hanya di lima negara: China, Korea Utara, Laos, Kuba, dan Vietnam.

Tapi, kelima negara tersebut memberikan dukungan penuh kepada Palestina yang berperang melawan Israel di Gaza.

Kepedulian dan dukungan negara komunis tersebut kepada Palestina menunjukkan mereka menentang bentuk penjajahan. Selain itu, mereka juga memiliki sikap yang berbeda dengan Amerika Serikat dan sekutunya.

Lima Negara Komunis yang Mendukung Gaza

1. Kuba

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel memberikan dukungan penuh dengan Palestina. Itu dibuktikan dengan banyak aksi demonstrasi pro-Palestina di Kuba dan mengecam Israel.

Bukan hanya retorika semata, tetapi bantuan pendidikan bagi warga Palestina Kuba menerima 144 mahasiswa Palestina yang belajar kedokteran di Kuba di Istana Revolusi di Havana, termasuk 53 mahasiswa dari Jalur Gaza, pada 2022 lalu.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan besar untuk dapat merangkul mereka semua… Negara kami berdiri dan akan terus mendukung perjuangan persaudaraan rakyat Palestina,” kata Diaz-Canel pada pertemuan tersebut.

Dia menambahkan bahwa negaranya telah memberikan teladan terbaik. solidaritas internasional di dunia seiring dengan praktik solidaritas sejati dan pembelaan kemanusiaan, tidak hanya dalam kata-kata namun juga dalam perbuatan.

Canel menekankan bahwa pemuda Palestina di Kuba “belum kehilangan akarnya, namun sebaliknya, melalui perasaan dan kisah hidup yang mereka bagikan kepada kami, mereka juga mengungkapkan keyakinan teguh mereka untuk membela tanah air mereka.”

Berita terkait