Perhitungan Suara di 1.072 TPS di Palu Tuntas Dihitung

  • Whatsapp
Ketua KPU Kota Palu Idrus memberikan keterangan kepada awak media. ANTARA/Nur Amalia Amir
banner 728x90

Palu,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan, penghitungan suara hasil Pemilu serentak 2024 telah rampung di 1.072 tempat pemungutan suara (TPS).

Mengenai hal tersebut, Ketua KPU Kota Palu Idrus di Palu, mengatakan proses pungut hitung di 1.072 TPS yang tersebar pada 46 kelurahan dan delapan kecamatan sudah berhasil dituntaskan, dan saat ini kotak suara mulai dilakukan pergeseran ke tingkat kecamatan untuk dilakukan proses rekapitulasi hasil perolehan suara.

“Saat ini kotak suara masih arus balik ke panitia pemungutan kecamatan (PPK) untuk dilakukan persiapan proses rekapitulasi hasil perolehan suara,” kata Idrus, pada Kamis (15/2/2024).

Ia mengatakan PPK di tingkat kecamatan dalam beberapa hari ke depan melakukan perekapan untuk mengetahui perolehan suara dari lima jenis surat suara yang dicoblos.

Lima jenis surat suara yang dicoblos yaitu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 tahun 2024, kata dia, tahapan rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kecamatan dijadwalkan mulai dari 15 Februari – 2 Maret 2024.

“Berdasarkan kondisi itu, kami mengajak masyarakat untuk ayo datang melihat proses rekapitulasi tersebut di tingkat kecamatan dan kemudian menyaksikan bagaimana kerja-kerja PPK kami pada delapan kecamatan,” katanya.

Berita terkait