Wawali Kota Reny Sampaikan Materi Tentang POCT ke Pemda Morowali

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Wakil Wali Kota Palu, Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, pada Senin, 19 Februari 2024. Wakil Wali Kota Reny disambut langsung oleh Wakil Bupati Morowali Utara, H.Djira K, S.Pd., M.Pd.

Kunjungan kali ini bertujuan untuk melakukan koordinasi, sekaligus didaulat menjadi salah satu Narasumber Seminar yang dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Morowali Utara.

Seminar tersebut berkaitan dengan Pemantapan Mutu Eksternal (PME) dan Point of Care Testing (POCT) di laboratorium, yang diikuti sejumlah dokter dan tenaga kesehatan di Kabupaten Morowali Utara.

Dalam kesempatan ini, Wakil Wali Kota Reny yang juga merupakan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium (PDSPATKLIN) Cabang Palu, menyampaikan materi tentang Point of Care Testing (POCT).

Wakil Wali Kota Reny menjelaskan bahwa POCT adalah pemeriksaan yang dilakukan di luar atau laboratorium, menggunakan peralatan yang dapat dibawa dekat dengan pasien untuk mendapatkan hasil.

“Hasil uji ini dapat segera dipergunakan dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang diperlukan oleh dokter yang merawat,” kata wakil wali kota.

Menurut wakil wali kota, penanganan pasien dalam keadaan darurat, dibutuhkan hasil laboratorium yang disampaikan dalam waktu singkat, sehingga yang dimungkinkan dengan penggunaan POCT.

Berita terkait