Sejumlah Wilayah di Sumbar Terendam Banjir

  • Whatsapp
Banjir merendam rumah warga di Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kamis (7/3/2024). Sebanya empat Kota/Kabuaten di wilayah Sumbar dilanda banjir. (Foto: BPBD Padang)

Padang,- Intensitas curah hujan yang begitu lebat mengakibatkan empat kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir, sejak Kamis (7/3/2024) siang.

Seperti diketahui, empat daerah yang dimaksud adalah Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Mengenai hal tersebut, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rudy Rinaldy mengatakan bahwa di Kota Padang terdapat empat kecamatan terparah yang terdampak banjir.

Masing-masing Kecamatan Nanggalo, Padang Timur, Lubuk Begalung, dan Lubuk Kilangan. Banjir menghanyutkan satu unit rumah warga.

“Rumah warga yang hanyut lokasinya di Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung. Selain itu, debit air yang deras membuat saluran air PT Semen Padang jebol dan memicu banjir di Perumnas dua Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan,” ucapnya.

Tidak hanya banjir, hujan lebat juga mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah titik. Kemudian longsor di jalan nasional, tepatnya di Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Sementara di Kabupaten Pasaman Barat, derasnya banjir mengakibatkan runtuhnya satu unit jembatan penghubung antara Jorong Rura Patontang dengan Jorong Penggambiran. Akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat sejak Kamis (7/3/2024) sore.

Berita terkait