Gelombang Panas Landa Bangladesh dan India

  • Whatsapp
Ilustrasi cuaca panas. Suhu di Banten mencapai 34,4 derajat Celsius awal tahun 2023 ini. Menurut BMKG, fenomena ini disebabkan beberapa hal.(SHUTTERSTOCK/VladisChern)

Dhaka,- Panas ekstrem memberikan dampak buruk di wilayah Distrik Rajshahi, Pabna, Khulna, Bagerhat, Jessore, Chuadanga, dan Kushtia di Bangladesh dan kemungkinan akan terus berlanjut sehingga semakin meningkatkan suhu.

Sementara itu, menurut buletin Departemen Meteorologi Bangladesh (BMD) pada hari Selasa (23/4/2024), gelombang panas ringan hingga sedang menyapu wilayah Dhaka, Rangpur, dan Barisal serta seluruh wilayah Rajshahi dan Khulna serta Distrik Mymensingh, Moulvibazar, dan Rangamati. Fenomena ini diperkirakan akan terus berlanjut. Demikian seperti dilansir Dhaka Tribune, Rabu (24/4).

BMD kembali mengeluarkan peringatan panas selama tiga hari karena gelombang panas yang sedang berlangsung diperkirakan akan terus berlanjut selama 72 jam ke depan mulai hari Senin (22/4).

Mengutip laporan DD News, gelombang panas parah selama sepekan yang melanda Bangladesh menyebabkan suhu panas meningkat hingga 43 derajat Celcius. Untuk itu, pihak berwenang menutup sementara sekolah selama sepekan dan meminta masyarakat menghindari paparan sinar Matahari demi menghindari sengatan panas.

Pemerintah dilaporkan telah mengerahkan semua rumah sakit agar siaga menghadapi serangan panas dan dehidrasi yang berpotensi merajalela.

Berita terkait