Karnaval Budaya Meriahkan Peringatan HUT ke-60 Provinsi Sulteng

  • Whatsapp
Foto: antara

Palu,– Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sulawesi Tengah secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura di halaman kantor Gubernur, pada Rabu 17 April 2024.

Dalam kesempatan tersebut, ikut mendampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Vera Rompas Mastura serta dimeriahkan Karnaval Budaya, Pentas Seni, dan Festival Kuliner.

Kegiatan dengan tema “Merajut Keragaman Budaya Nusantara menuju Masyarakat Sulawesi Tengah yang Tangguh, Maju dan Sejahtera” ini diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai Pelestarian Budaya Wilayah 18 Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng, Andi Kamal Lembah dalam laporannya menyebutkan,  kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka memeriahkan HUT ke-60 Provinsi Sulteng, memberikan ruang kreativitas dan pelaku budaya dalam memakai busana tradisional dan mendesain kostum yang memiliki ciri khas daerah.

Selain itu, merajut ikatan sosial budaya dan kebersamaan yang kuat di Negeri Seribu Megalit, melestarikan berbagai tarian musik dan makanan tradisional, terciptanya penguatan ekosistem kebudayaan dan jejaring kebudayaan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat menuju tinggalan Megalit menjadi warisan dunia.

“Saya selaku Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Kadis Kebudayaan Andi Kamal Lembah.

Berita terkait