Menhub Pastikan Kelancaran Angkutan Mudik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk

  • Whatsapp
Pelabuhan Gilimanuk, Bali yang siap menampung pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan kapal. Pelabuhan Gilimanuk termasik titik rawan mudik ketiga setelah Tol Cipali dan Pelabuhan Merak, Banten. (Foto: Kementerian Perhubungan)

Jakarta,- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara langsung meninjau Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (4/4/2024).

Seperti diketahui, pelabuhan Gilimanuk adalah lokasi rawan saat arus mudik, setelah Tol Cipali dan Pelabuhan Merak.

Dalam pengecekan itu, Menhub menyoroti terkait ‘Volume to capacity ratio’ (V/C ratio) atau perbandingan volume dengan kapasitas di Pelabuhan Gilimanuk. Ia meminta agar skalanya dapat terjaga di bawah 0,7 persen.

Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan fungsi pelabuhan yang tersedia. Menurutnya, apabila nilai V/C ratio mencapai 0,8 persen atau lebih besar, maka dapat dikategorikan arus kendaraan telah mendekati kapasitas, sehingga perlu dilakukan tindakan manajemen dan rekayasa lalu lintas.

“Selain Ketapang yang sudah difungsikan, agar Bulusan difungsikan secara maksimal. Dan Jangkar untuk mengurangi load dari kapal-kapal yang besar,” kata Menhub di lokasi.

Berita terkait