Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Tol Palembang-Betung Rampung Awal 2025

  • Whatsapp
Kementerian PUPR menargetkan pembangunan ruas Tol Palembang-Betung rampung pada awal 2025. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau secara langsung pembangunan ruas Tol Palembang-Betung, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung), Kamis (18/4/2024). Peninjauan diawali dari Jembatan Musi di Kota Palembang.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan pemerintah daerah, jajaran kontraktor pelaksana, dan badan usaha jalan tol (BUJT) telah menyepakati percepatan penuntasan Tol Palembang-Betung ini.

“Saya telah melihat langsung progres konstruksi secara utuh dan pernak-pernik permasalahan di Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) ini, khususnya ruas Palembang-Betung. Alhamdulillah, kami bersama jajaran PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, dan Gubernur Sumsel sudah mendapatkan solusi untuk percepatan penyelesaian Jembatan Musi serta ruas Pangkalan Balai-Betung. Hingga Betung, insya Allah awal 2025 bisa tuntas,” ujar Basuki di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Dirinya juga menegaskan terkait pembebasan lahan Jalan Tol Kapalbetung sudah hampir selesai.

“Kami akan menambah tim untuk percepatan pembebasan lahan, khususnya dari Pangkalan Balai ke Betung (15 km) yang nanti juga akan dibantu dari Pemerintah Daerah dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Kami menghargai betul mekanisme pembebasan lahan yang sudah berjalan dan konsisten dengan mekanisme tersebut,” katanya.

Berita terkait