Pilwakot Palu 2024: Ada 274 Ribu Calon Pemilih

  • Whatsapp

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu tahun 2024, di gedung Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu, Rabu malam (22/5/2024).

Kegiatan yang dimeriahkan salah satu grup musik yang beraliran cadas, Band Kotak, juga dirangkaikan dengan memperkenalkan maskot Pilkada Dei ante Yojo. Ketua KPU Kota Palu, Idrus dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua pendanaan tahapan Pilkada 2024, bersumber dari dana APBD senilai Rp 55,25 miliar.

Hingga saat ini, pihaknya telah melantik 40 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS) se-Kota Palu. Pada tanggal 26 Mei 2024, akan kembali dilakukan pelantikan 138 PPS yang tersebar di 46 kelurahan se-Kota Palu. Menurutnya, terdapat beberapa tahapan yang akan dilaksanakan oleh KPU Palu dalam Pilwalkot Palu tahun 2024. Diantaranya:

Tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih akan dimulai 31 mei hingga 23 september 2024. Tenggang waktu ini, KPU Palu akan di bantu oleh petugas pencocokan dan penelitian yang akan datang dari rumah ke rumah, untuk mencocokkan data awal warga Kota Palu dengan data terbaru yang dimiliki calon pemilih.

“Saat ini, KPU Palu sementara melakukan pemetaan 274 ribu calon pemilih yang akan di petakan menjadi beberapa TPS, maksimal 600 pemilih setiap TPS,” ungkap Idrus.

Kemudian pendaftaran Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, akan dibuka pada tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024. Pasangan calon akan diusul dan didukung oleh partai politik atau koalisi partai politik tingkat Kota Palu.

Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu sebut Ketua KPU Palu, dilaksakan pada tanggal 22 September 2024. Dalam rentang waktu tersebut, juga dilaksanakan penetapan nomor urut pasangan calon. Pelaksanaan Kampanye dimulai 25 September hingga 23 Nov 2024, dan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

“Pada hari itu kita akan memilih Wali Kota dan wakil Wali Kota Palu dan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah,” terang Ketua KPU Palu. Iven Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu, dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM, dan ribuan kawula muda Kota Palu.**

Berita terkait