Sekprov Buka Rakorda Sinergitas dan Kolaborasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Informasi Geospasial Se- Sulawesi Tengah

  • Whatsapp

BANGGAI- Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sinergitas dan Kolaborasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Informasi Geospasial se-Sulawesi Tengah Tahun 2024 digelar di Kabupaten Banggai pada Selasa (28/5/2024).

Ini merupakan kali pertama Rakorda Se- Sulawesi Tengah tersebut diselenggarakan di Kabupaten Banggai, dan akan berlangsung selama dua hari di Ballroom Maleo Conference Hotel Estrella Luwuk.

Sebanyak 100 peserta berpartisipasi dalam rakorda ini, melibatkan perangkat daerah lingkup Provinsi Sulawesi Tengah selaku produsen data dan peserta terbatas dari kabupaten/kota yang terdiri dari Dinas Kominfo, Bappeda/Bapelitbangda, dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Novalina menekankan bahwa Penyelenggaraan statistik sektoral dalam Satu Data Indonesia di tingkat provinsi bertujuan menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses.

“Penyelenggaraan statistik sektoral Satu Data Indonesia tingkat provinsi adalah kebijakan tata kelola data pemerintah daerah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan,” tegas Sekda Novalina.

Hal tersebut juga sebagaimana dari tujuan Rakorda yaitu mewujudkan sinergitas dan kolaborasi antar penyelenggara Satu Data Indonesia (SDI) di tingkat daerah, serta dapat membangun kesamaan persepsi dalam melaksanakan pengelolaan data statistik informasi sektoral dan geospasial di perangkat daerah.

Berita terkait