Pagi Tadi, Gubernur Serahkan ‘Si Arjuna’: Sapi Limosin 900 Kg Bantuan Presiden

  • Whatsapp

‘Si Arjuna’, Sapi berjenis Limosin dengan bobot 900 kg ini berasal dari Desa Tinombala, Kabupaten Parigi Moutong, terpilih menjadi hewan Qurban bantuan kemasyarakatan (Banmas) dari Presiden Jokowi untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Si Arjuna resmi diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, kepada pengurus Masjid Jami Talise di Kota Palu, Senin (17/6).

Prosesi penyerahan turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra yang juga menjabat sebagai Plt Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dr. Rohani Mastura, S.Sos, M.Si; Kepala Kesbangpol, Drs. Arfan, M.Si; Kepala Biro Kesra, Drs. Awaludin, M.M; dan Ketua FKUB Sulteng, Prof. Dr. Zainal Abidin, M.Ag.

Pada kesempatan tersebut, gubernur mengucapkan terima kasih atas Banmas dari Presiden Jokowi untuk Sulawesi Tengah, yang penyalurannya difasilitasi oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Sulawesi Tengah.

“Mari kita lakukan moderasi beragama dengan baik,” pesannya dalam rangka perayaan Idul Adha.

Gubernur juga mengapresiasi upaya Dinas Peternakan dan Perkebunan dalam mengembangbiakkan sapi-sapi potong berkualitas seperti Angus, Limosin, dan Wagyu melalui inseminasi buatan (IB).

Selain itu, gubernur menyebutkan bahwa dinas terkait telah menyediakan 80 ribu straw beku yang siap didistribusikan kepada peternak.

“Target kita adalah, semoga ke depan bisa mengirim seribu ekor sapi ke Kalimantan,” ujarnya sebagai langkah strategis untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor peternakan.

‘Si Arjuna’ sebelum diserahkan sudah dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit mulut dan kuku serta infeksi cacing dan penyakit menular lainnya melalui hasil uji laboratorium UPT Veteriner Pemprov Sulteng.*

Berita terkait