Apakah Daun Kelor Baik untuk Penderita Asam Urat? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
PENDERITA asam urat baik konsumsi daun kelor? Ini Penjelasannya…. FOTO: IST

Jakarta,– Daun kelor merupakan obat herbal yang kerap digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, apakah daun kelor baik untuk penderita asam urat? Ternyata, konsumsi daun kelor baik untuk penderita asam urat.

Bahkan, bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh jika digunakan secara teratur. Meskipun begitu, daun kelor tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya pengobatan untuk asam urat karena penggunaannya perlu dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk itu, simak penjelasan dan manfaat rebusan daun kelor lainnya berikut ini.

Apakah daun kelor baik untuk penderita asam urat?

Ternyata, daun kelor baik untuk penderita asam urat. Menurut penelitian di dalam Indonesian Journal of Medicine pada tahun 2021, pemberian ekstrak etanol pada daun kelor selama 28 hari bisa menurunkan kadar asam urat pada tikus.

Kandungan ini dapat menghambat kerja enzim xantin oksidase sehingga tidak bisa mengubah hipoxantin menjadi asam urat, sehingga kadar asam urat akan berkurang. Untuk diketahui, enzim xantin oksidase sendiri merupakan enzim yang berfungsi untuk mengkatalisis hipoxantin menjadi xantin secara berturut-turut hingga akhirnya menjadi asam urat.

Berita terkait