Apakah Daun Kelor Baik untuk Penderita Asam Urat? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
PENDERITA asam urat baik konsumsi daun kelor? Ini Penjelasannya…. FOTO: IST

Selain itu, kandungan flavonoid pada daun kelor, seperti quercetin dan kaempferol, dapat mengurangi stres oksidatif pada sel-sel tubuh. Kandungan ini kemudian dapat meningkatkan fungsi ginjal sehingga ginjal tidak akan memproduksi asam urat secara berlebihan.

Akibatnya, kadar asam urat di dalam tubuh akan lebih seimbang. Daun pohon kelor juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat.

Konsumsi daun kelor juga sudah terbukti dapat meningkatkan laju filtrasi glomerulus, yang bisa membantu ginjal mengeluarkan penumpukan zat di dalamnya dengan lebih cepat. Akibatnya, aktivitas urine meningkat dan penumpukan zat di dalam ginjal dapat berkurang.

Peningkatan laju filtrasi glomerulus ternyata juga bisa berdampak positif pada penurunan kadar asam urat di dalam tubuh.

Meskipun penelitian ini hanya menggunakan tikus sebagai modelnya, konsumsi daun kelor mungkin bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat pada manusia. Untuk itu, penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini sangat diperlukan.

Berita terkait