Harga Cabai Melambung Hingga Rp85/Kilogram

  • Whatsapp
Seorang pedagang merapikan cabai (Foto: Dok/Antara)

Jakarta,- Harga bahan pokok khusunya cabai rawit kembali mengalami kenaikan belakangan ini. Hampir semua jenis cabai mengalami kenikan, seperti cabai rawit merah dan cabai merah keriting.

Aris salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Kramatjati mengatakan bahwa harga cabai terus naik dalam sepekan terakhir. Bahkan kenaikannya, kata dia, terjadi setiap hari.

“Cabai rawit merah paling tinggi kenaikannya. Harganya sekarang ini sudah Rp85.000 sampai Rp90.000 per kg,” katanya dalam perbincangan dengan RRI Pro 3, Senin (29/7/2024).

Sementara itu, tambah Aris, cabai rawit hijau sekarang ini harganya sudah Rp70.000 per kg. Sedangkan cabai merah keriting Rp Rp45.000 per kg dan cabai merah besar Rp50.000 per kg.

Kenaikan berbagai jenis cabai tersebut, ujarnya, karena pasokan yang berkurang akibat siklus cuaca. Dirinya yang biasanya menerima pasokan cabai rawit merah 10-15 kg per hari, sekarang tinggal separuhnya.

“Saya juga tidak berani nyetok cabai, karena takut busuk. Karena para pedagang makanan yang biasanya membeli cabai 1 kg per hari, sekarang mengurangi pembelian mereka separuhnya karena cabai mahal,” katanya.

“Buat pedagang sebenarnya harga cabai tinggi malah merugikan, karena belinya mahal. Sementara yang belinya berkurang. Harapan saya harga cabai rawit merah itu normal saja Rp40.000-Rp50.000 per kg.”

Berita terkait