Infrastruktur IKN Dipercepat untuk Dukung Upacara HUT RI

  • Whatsapp
Ini merupakan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) berupa Istana Negara dan Lapangan Upacara IKN yang telah siap untuk Upacara HUT RI ke 79. Sejumlah pembangunan infrastruktur dipercapat guna mendukung acara tersebut. (foto: PUPR)

Jakarta,- Kepala Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi mengatakan infrastruktur yang disiapkan untuk upacara HUT Kemerdekaan RI terus dipercepat proses penyelesaiannya terutama dibagian interior gedung.

Ia juga menyebut bahwa infrastruktur yang disiapkan untuk upacara tersebut sebagian besar berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Pelaksanaan paket fisik terkontrak dari tahun 2020-2024 terbagi 3 batch, untuk infrastruktur yang mendukung pelaksanaan upacara masuk batch 1. 

“Sebagai Smart Forest City, terdapat 9 Wilayah Perencanaan (WP) Kawasan Pengembangan IKN dengan luas 256.142 ha.  Yang diarahkan untuk dapat mengakomodasi penduduk sampai dengan dua juta orang,” kata Ernawi, Kamis (11/7/24).

Wilayah tersebut meliputi KIPP, Pusat Ekonomi, Layanan Kesehatan, Pariwisata dan Hiburan, Layanan Pendidikan, Inovasi dan Riset.  Serta Pusat Industri Pertanian dan Logistik, Pusat Sentra Pertanian, dan Pusat Pengembangan Industri Teknologi Tinggi.

“Kesembilan WP tersebut dibangun dalam lima tahap, dan saat ini, kita sedang fokus pada tahap pertama 2022- 2024.   Yaitu pemindahan tahap awal,  berdasarkan Peraturan Presiden No. 63/2022  disampaikan bahwa infrastruktur dasar harus selesai dibangun.

Berita terkait