Bendungan Cipanas Jadi Pengendali Banjir dan Pembangkit Listrik

  • Whatsapp
Bendungan Cipanas menjadi bendungan ke-43 yang dibangun Kementerian PUPR dan baru diresmikan Selasa (9/7/2024). Bendungan ini untuk irigasi dan pembangkit listrik. (foto: pupr)

Cipanas,- Bendungan Cipanas memiliki beberapa fungsi antara lain pengendali banjir. Dalam 10 tahun ini, sudah dibangun 43 bendungan dan lebih dari 1 juta hektar jaringan irigasi.

Diketahui, bendungan Cipanas adalah bendungan ke-43 yang baru diresmikan.

“Bendungan ini akan menyediakan fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti sumber irigasi, air baku dan pembangkit listrik.” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat (12/7/2024)

Selain itu, kata Menteri Basuki, adanya Bendungan  akan meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas lahan pertanian. Bendungan Cipanas termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini secara administratif berada di Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Dalam hal peningkatan produktivitas pertanian, saat ini sudah ada irigasi fungsional seluas 6.473ha, melalui Bendung Kalianyar dan  Sumurwatu. “Dengan adanya Bendungan Cipanas, akan ada jaringan irigasi potensial seluas 2.800 ha, totalnya  9.273 ha dan  dapat meningkatkan pola tanam.

Dirjen Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia menambahkan, Bendungan Cipanas dibangun mulai 2016 dan rampung pada 2023. Dengan kapasitas tampung sebesar 250,8 juta meter kubik dan anggaran sebesar Rp2 triliun.

Berita terkait