Bendungan Cipanas Jadi Pengendali Banjir dan Pembangkit Listrik

  • Whatsapp
Bendungan Cipanas menjadi bendungan ke-43 yang dibangun Kementerian PUPR dan baru diresmikan Selasa (9/7/2024). Bendungan ini untuk irigasi dan pembangkit listrik. (foto: pupr)

“Bendungan Cipanas dapat memenuhi kebutuhan air baku sebesar 850 liter/detik, terbagi di Kabupaten Sumedang 650 liter/detik.   Kabupaten Indramayu 200 liter/detik, di samping itu, Bendungan Cipanas juga bermanfaat dalam reduksi banjir 701 ha.

Sebelumnya  Selasa (9/7/2024) Wakil Presiden,KH, Maruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas yang disebutnya memiliki peran strategis. “Tidak hanya sebagai sumber air baku tetapi juga berperan penting dalam ketahanan pangan dan energi.” kata Wapres Ma’ruf

Wapres Ma’ruf berpesan, untuk memastikan pemanfaatan Bendungan Cipanas dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitarnya, Kabupaten Sumedang dan Indramayu. Serta dalam dukungan produktivitas pertanian, industri dan pemenuhan air bersih serta pengurangan dampak banjir.

“Lakukan pengelolaan dan pemeliharaan bendungan secara baik dan berkelanjutan untuk memperpanjang usia bendungan dan peralatan yang ada. Serta jaga ketahanan air sebagai prasyarat mewujudkan ketahanan pangan dan energi di masa depan,” ucap Wapres Ma’ruf. ***

Sumber: rri.co.id

Berita terkait