Gerindra Mendadak Ganti Ketua Baleg DPR

  • Whatsapp
Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas

Jakarta,- Tepat pada Selasa 6 Agustus 2024, Fraksi Partai Gerindra tiba-tiba mengganti Ketua Badan Legislasi atau Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dalam rapat Baleg di kompleks parlemen Senayan.

Pergantian pimpinan Baleg itu dilakukan kurang dari dua bulan menjelang akhir periode, yaitu pada 30 September 2024.

Supratman sebelumnya menjabat Ketua Baleg DPR RI sejak 2019 sebagai perwakilan dari Fraksi Partai Gerindra. Dia kini digantikan oleh anggota Fraksi Gerindra lainnya, yaitu Wihadi Wiyanto.

Proses pergantian tersebut terjadi di tengah-tengah rapat Baleg yang sedang membahas carry over atau pengoperan RUU kepada DPR RI periode selanjutnya. Tidak disebutkan ada agenda pergantian pimpinan di awal rapat tersebut.

Di tengah diskusi, Supratman yang sedang memimpin rapat menerima surat dari seorang pria. “Bapak-Ibu sekalian, sebelum saya lanjutkan, saya rupanya tiba-tiba dapat surat cinta,” kata Supratman.

“Ini ada surat dari Fraksi Partai Gerindra, Nomor A956/FP-Gerindra/DPR RI/VIII/2024 tentang penggantian ketua Baleg DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra,” ucap Supratman membacakan surat tersebut.

Supratman kemudian menyampaikan isi surat itu. “Sesuai dengan keputusan pimpinan Fraksi Partai Gerindra DPR RI, dengan ini menyampaikan penggantian Ketua Baleg DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra sebagaimana di bawah ini. Nama, Ketua Baleg sebelumnya, Supratman Andi Agtas, digantikan oleh Bapak Wihadi Wiyanto terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2024,” ujar Supratman.

Berita terkait