Kasus Kematian Akibat Stroke dan Penyakit Jantung di Indonesia Tinggi

  • Whatsapp
Foto: Getty Images/iStockphoto/peterschreiber.media

Jakarta,- Sebanyak 300 ribu orang per tahun meninggal dunia akibat stroke di Indonesia, dan 250 ribu orang meninggal akibat penyakit jantung. Hal itu disampaikan oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan (Menkes) RI.

Meski begitu data tersebut terbilang rendah dibandingkan pada saat pandemi COVID-19. Menkes menyebut pasien yang meninggal akibat stroke di masa pandemi COVID-19 mencapai 900 ribu orang per tahun dan kematian akibat penyakit jantung mencapai 750 ribu orang per tahun.

“Oleh karena itu, penting dilakukan skrining kesehatan guna membantu mencegah penyakit dengan mendeteksi kondisi kesehatan sebelum muncul gejala,” kata Menkes saat berkunjung ke RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Kota Tanjungpinang, Minggu, dikutip Antara.

Menkes menyebut hingga bulan Juli 2024 sudah ada sekitar 60 juta penduduk Indonesia yang melakukan skrining kesehatan berdasarkan by name by address.

“Melalui skrining kesehatan bisa diketahui jumlah orang dewasa dengan kondisi darah tinggi, gula, maupun kolesterol,” ujarnya.

Berita terkait